5 Penyebab AC Tidak Dingin

Air conditioner atau yang sering disebut dengan AC merupakan salah satu barang elektronik yang mana bisa digunakan untuk mendinginkan ruangan. Namun, apa jadinya jika AC milik Anda tiba-tiba tidak mengeluarkan udara sejuk? Tentunya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab ac tidak dingin.

Penyebab AC Tidak Dingin

baca juga: markasgamers

  1. Freon AC Kurang atau Habis

Penyebab AC yang tidak dingin pertama adalah dimana freonnya kurang bahkan habis. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya kebocoran pada jalur pipa sirkulasinya. Freon AC sendiri mengandung zat klorin, hidrogen, dan broming yang mana dapat membuat AC menjadi dingin.

Namun, jika freon ini mengalami kekurangan tekanan, maka sangat disarankan untuk membuat pipa dan evaporator AC. Hal ini ditujukan untuk menghasilkan gumpalan es.

  1. Filter yang Kotor

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat AC menjadi tidak dingin adalah karena filter dalam keadaan kotor. Dimana sang pemilik jarang bahkan tidak rutin membersihkan filter sehingga banyak debu yang bersarang disana. Padahal, filter AC ini sangat berguna untuk menyaring kotoran yang ada di dalam udara AC.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membersihkan filter seminggu sekali. Sementara untuk service perawatan pada AC rumah minimal 3 bulan sekali, dan untuk AC perkantoran bisa dilakukan selama 2 bulan sekali.

  1. Ampere Kompresor Melebihi Batas Normal

Penyebab ac tidak dingin hanya keluar angin juga bisa dipengaruhi oleh kapasitor yang rusak. Namun, jika memang kapasitornya dalam kondisi baik dan ac tetap tidak dingin, maka bisa jadi ampere kompresornya yang sudah melebihi batas normal.

Anda bisa mengecek ampere dengan menggunakan clam meter atau tang meter. Jika angka menunjukkan batas A, itu artinya kompresor dalam keadaan lemah. Dimana itu artinya adalah Anda harus menggantinya dengan AC yang baru.

  1. Kondensor AC Kotor

Penyebab lain mengapa ac tidak dingin adalah karena kondensornya kotor atau rusak. Kondensor sendiri letaknya adalah di bagian luar AC yang mana fungsinya adalah untuk memanaskan gas refrigerant atau freon pada suhu tertentu.

Anda perlu membersihkan kondensor secara rutin agar AC bisa dingin kembali. Jika Anda tidak menggunakan AC dalam jangka waktu yang lama, maka tutup bagian kondensor dengan menggunakan kain.

  1. Luas Ruangan Tidak Sesuai Kapasitas AC

Luas ruangan ternyata juga bisa mempengaruhi tidak dinginnya AC. Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli AC, pastikan dulu bahwa Anda sudah mengukur ruangan terlebih dahulu. Karena jika ruangan terlalu besar namun kapasitas Acnya kecil, maka besar kemungkinan ac tidak akan terasa dingin.

Inilah kelima penyebab ac tidak dingin hanya keluar angin saja. Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk Anda.